Puasa Bagi Kesehatan Kulit Dan Rambut Berikut Dan Wajib Anda Ketahui Manfaatnya

Banyak manfaat yang bisa dipetik selama masa puasa Ramadhan. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan rambut dan kulit.

Hal itu diungkapkan dr Anindya Mariana SpDV, MD, seorang dokter kulit.

Manfaat pertama yang saya rasakan adalah rambut. Puasa meningkatkan sel induk dalam molekul rambut.

“Meningkatkan pertumbuhan dan mencegah kerontokan rambut. Sangat bagus untuk rambut,” katanya dalam jumpa pers virtual untuk Bamid, Kamis (31 Maret 2022).

Selain itu, puasa juga mempengaruhi lapisan epidermis. Yang mengarah pada peningkatan kualitas siklus kulit. Dengan berpuasa meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit tampak lebih bercahaya.

Kemudian pada lapisan kulit bagian dalam, puasa dapat meningkatkan kekencangan pembuluh darah, sehingga nutrisi dapat masuk ke dalam kulit dengan baik.

Dia menjelaskan lagi: “Selain itu, pembuluh darah baru berkembang biak dan kulit membaik. Kolesterol berkurang dan antioksidan meningkat.”

Puasa juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Ini karena peningkatan peradangan, pelunakan pembuluh darah, dan produksi banyak pembuluh darah baru.

Dr Anindia menambahkan: “Akibatnya, saat puasa, peradangan meningkat untuk meningkatkan penyembuhan luka. Sahur dan buka puasa dengan nutrisi yang tepat dapat mempercepat pertumbuhan jaringan kulit, termasuk penyembuhan luka.”

Di sisi lain, puasa memiliki manfaat besar untuk penuaan kulit. Hal ini disebabkan peningkatan produksi antioksidan yang merusak matriks metaloprotein.

MMP diketahui merusak kolagen dan mempercepat penuaan.

Selain itu, puasa juga dapat mengurangi respons iritasi terhadap retinol yang biasa ditemukan pada krim malam.

Dia menyimpulkan bahwa “meningkatkan sel punca dapat memperbaiki struktur kulit. Selain itu, dapat mencegah terjadinya tumor dan kanker. Karena efek anti kankernya.”

Baca Juga  Punya Manfaat Maksimal Ketika Dikonsumsi Mentah Berikut Daftar Bahan Makanannya